-->
Free backlink
<a href="http://www.mt5.com/id/">Portal Forex</a>

Tuesday, March 6, 2012

Mengapa Harga Emas Turun?

Mengapa harga Emas turun? Pada penutupan akhir tahun 2011, banyak analis pasar dan ekonom sudah memperkirakan kejadian ini. Seperti kita ketahui, bahwa awal mula terjadinya kejatuhan harga emas saat ini dikarenakan krisis hutang Eropa, pada awal tahun 2010. Alarm krisis di Eropa mulai berbunyi terutama di negara Yunani, Irlandia dan Portugal. Krisis anggaran dan tingginya rasio hutang di 3 negara tersebut telah membawa krisis kepercayaan di negara negara kawasan Eropa. Tanggal 2 Mei 2010, IMF memberikan pinjaman sebanyak 110 milyar euro kepada Yunani, 85 milyar euro untuk Irlandia, dan 78 milyar euro kepada Portugal. Setelah bailout tersebut, kekhawatiran mereda untuk beberapa saat.
harga emas turun
Saat ini yang sedang berkembang panas, Italia sudah berada di ujung tanduk. Sebagai negara ketiga terbesar dalam urusan ekonomi di kawasan Eropa, saat ini juga sedang dalam proses pengurusan untuk menerima bailout. Yang jadi masalah sekarang, baik ECB selaku bank sentral Eropa dan IMF tidak berani lagi membantu lebih banyak terhadap perkembangan krisis hutang di Italia. Ditambah Jerman dan Perancis sering berselisih paham tentang cara atau metode penyelamatan hutang di negara Eropa. Pertemuan di Brusel, Belgia telah menghasilkan beberapa kesepakatan dan komitmen bersama, salah satunya pengetatan anggaran di negara negara kawasan Eropa.
Yang menjadi pertanyaan kita sekarang, jika memang akhirnya Italia keluar dari krisis hutang. Apakah masih ada negara lain di kawasan Eropa yang berpotensi masuk atau mendaftarkan negaranya dalam krisis hutang. Ini menjadi pertanyaan dengan tanda tanya yang cukup besar.
Nah kembali ke emas, kita tahu atau mungkin sering mendengar atau membaca tentang investasi emas bahwa pergerakan emas tidak mungkin akan turun harganya dikarenakan emas adalah alat lindung nilai, emas adalah investasi yang anti inflasi, emas adalah bla..bla..bla.. Tetapi kenyataannya, jika kita lihat saat ini malah kebalikannya, harga emas merosot tajam. Jawabannya sih sederhana saja.
Begini, kita tahu bahwa emas digunakan oleh banyak fund manager, hedge fund atau apapun istilahnya sebagai alat lindung investasi pada bisnis skala besar atau dunia yang dilakukan mereka. Kita tahu bahwa bisnis bukan hanya beli emas saja, beli saham, beli valuta asing, beli obligasi dan masih banyak yang lain. Katakanlah salah satu fund manager punya modal untuk di investasikan sebanyak 100 %. Mereka melakukan bisnis dengan diversifikasi produk investasi. Beli saham di bursa Eropa sebanyak 25 % lalu beli emas sebanyak 50 %, anggaplah sisa 25 % tidak digunakan. Saat ini investasi saham bisa dikatakan dalam keadaan rugi. Maka kerugian investasi yang terjadi di pasar saham,  akan di  ganti dengan menjual investasi emas sehingga investasi yang dilakukan akan menjadi balance atau minimal tidak rugi. Rugi di saham, untung di emas. Nah, begitulah apa yang terjadi saat ini pada emas. Jadi harga emas turun tidak lebih tidak kurang dikarenakan aksi selling besar besaran untuk menutupi kerugian di produk lain atau mungkin untuk mengunci keuntungan yang telah di dapat.

Sumber :http://www.mysmartfx.com

Ntu dibawah masih anyar artikelnya:



0 comments:

Post a Comment

FxSignals

Polico

FXpros

FXstreet

GainS