-->
Free backlink
<a href="http://www.mt5.com/id/">Portal Forex</a>

Thursday, March 1, 2012

Apakah anda seorang investor saham? Apakah anda seorang trader saham? Apa bedanya investor saham dan trader saham? Investor saham adalah seorang pemain saham yang berorientasi jangka panjang. Artinya membeli saham terus menahan sampai berbulan bulan bahkan sampai bertahun tahun. Biasanya selain memperoleh capital gain (Selisih harga beli dan harga jual saham), seorang investor saham juga mengharapkan keuntungan dari deviden yang biasanya diterima oleh perusahaan setiap tahunnya. Besarnya deviden yang dibagikan oleh perusahaan kepada pemegang saham biasanya tergantung dari laba bersih yang dihasilkan serta hasil keputusan dari Rapat Umum Pemegang Saham.


Seorang investor saham lebih cenderung analisa fundamental dalam melakukan analisa dalam melakukan investasi saham. Mereka selalu mencari saham2 yang undervalued? Apa artinya undervalued? Undervalued artinya saham2 yang diperdagangkan dibawah harga wajarnya. Bagaimana kita tahu suatu saham diperdagangkan dengan harga murah? Ya dengan melakukan analisa Fundamental. Hitung EPS (Earning Per Share) nya berapa. Hitung PER (Price Earning Ratio) nya berapa. Hitung ROE (Return On Equity) nya berapa. Mulai pusing? Jika anda pernah belajar Akuntansi saat kuliah atau Manajemen Keuangan, maka anda tidak akan pusing dengan istilah istilah itudan mudah bagi anda menganalisa saham dengan Analisa Fundamental.


Memang mudah jika yang dianalisa cuma satu atau beberapa saham saja. Namun jika sampai puluhan atau bahkan ratusan dan itu rutin dilakukan setiap harinya, apa tidak puyeng tuch? Apalagi analisa Fundamental juga mencakup analisa berita2 dan corporate action yang dilakukan oleh perusahaan sehingga untuk melakukan analisa Fundamental, juga harus mengupdate berita berita seputar pasar modal baik dari koran2 lokal maupun dari situs2 internet dan tentu saja dari www.investasi-saham.com ini, sebuah situs pembelajaran pasar modal dimana semua informasi dan rekomendasi seputar investasi saham dan pasar modal lainnya dapat diperoleh secara gratis, lengkap, terpercaya dan juga up to date. Jika anda adalah seorang investor pemula yang masih merasa awam dengan ini semua atau investor kawakan, namun tidak tahu cara melakukan analisa fundamental dan tidak ingin belajar cara menganalisa saham karena terlalu ribet, maka anda beruntung karena telah menemukan situs ini dan membaca tulisan ini, karena saya akan memperkenalkan sebuah tools yang akan sangat bermanfaat bagi anda semua. Tools ini akan saya jelaskan di bagian akhir daripada tulisan ini.


Sebaliknya bagi seorang trader saham, analisa teknikal merupakan urat nadi daripada trading dan aksi jual beli yang dilakukan setiap harinya. Biasanya trader saham ini melakukan investasi saham yang berorientasi jangka pendek. Oleh karena itu tidak sesuai apabila digunakan kata investasi saham. Bagusnya diganti menjadi trading saham atau bermain saham.Inilah alasannya mengapa situs ini diberi nama Investasi Saham dan Bermain saham, karena selain menyediakan informasi untuk para investor saham juga berguna bagi kalangan trader saham yang bermain scalping,netting,tik..tok..(Istilah melakukan aksi beli dan jual saham dalam jangka pendek,mungkin dalam hitungan minggu,hari,jam,maupun menit).


Analisa teknikal tidak kalah rumitnya dengan analisa fundamental dan saya secara pribadi merasa analisa teknikal ini jauh lebih complicated namun lebih mudah dipelajari dan disenangi oleh semua pemain saham. Loh? Katanya mudah dipelajari,kok kemudian dikatakan complicated? Karena mudah,makanya banyak pemain saham yang terjebak apalagi para trader2 saham pemula. Mereka mengira mudah,hanya melihat grafik/chart terus mencari saham2 yang sudah tergolong murah atau mengejar saham2 yang sedang bergerak uptrend tanpa mengetahui dimana titik support dan titik resistance nya. Kapan timingnya untuk masuk dan kapan timingnya harus keluar. Karena mudah kan ? Cuma melihat chart,apa susahnya pikir mereka. Oleh sebab itu 90 % para pemain saham pemula (atau bahkan ada pemain saham lama juga) sering terjebak gara2 terlalu menganggap remeh analisa teknikal ini. Dalam melakukan analisa teknikal, point yang paling penting adalah kita mesti tahu kapan saat nya membeli suatu saham dan kapan saat nya kita menjual suatu saham.


Mungkin dengan analisa Fundamental,seorang pemain saham dapat memilah mana saham yang undervalued (murah) dan mana saham yang tergolong overvalued( Mahal). Jika anda seorang investor tentu nya tidak masalah bagi anda apabila anda membeli saham Cuma menggunakan analisa fundamental saja karena orientasi anda kan jangka panjang. Saham yang sekarang diperdagangkan undervalued pasti akan naik ke harga wajarnya suatu saat nanti. Namun kapan waktunya? Kapan saatnya? Tahun depan? 2 tahun lagi? 3 tahun, 5 tahun atau bahkan 10 tahun lagi? Siapa yang tahu? Coba bayangkan jika anda adalah seorang trader saham dan anda membeli saham dengan menggunakan fasilitas margin alias anda berhutang ke perusahaan pialang anda,mana mungkin anda bisa menunggu sampai bertahun tahun untuk menjual saham anda itu. Pastilah anda ingin secepatnya cuan dan segera menjual saham anda yang telah untungmterus anda akan mencari dan membeli lagi saham2 lainnya bukan? Nah, itu lah fungsinya analisa teknikal.


Selain untuk mencari dan menghitung titik support dan resistance,analisa teknikal juga digunakan untuk mengetahui kapan timing yang tepat untuk membeli dan menjual saham. Kalo saya pribadi,saya berprinsip “kita harus sudah untung saat kita membeli saham,jangan pada saat kita menjual saham”. Untuk mempelajari analisa teknikal tidak semudah analisa fundamental. Jika mempelajari analisa fundamental,anda bisa mempelajarinya melalui buku2 akuntansi maupun manajemen keuangan. Di pasaran memang banyak buku2 yang membahas analisa teknikal. Namun analisa teknikal tidak bisa hanya dipelajari lewat buku saja,namun harus dipraktekkan langsung pada saat trading dan jam terbang serta pengalaman anda sangat berperperan penting dalam hal ini. Mengapa? Karena pemakaian analisa teknikal disaat pasar bullish (uptrend) berbeda dengan pemakaian analisa teknikal di saat pasar bearish (downtrend) maupun saat pasar konsolidasi (sideways). Dalam analisa teknikal dikenal beberapa indikator seperti Moving Average,RSI,MACD,Ichimoku Kinko Hyo,Stochastic,dan lain lain. Setiap trader dapat mengkombinasikan beberapa indicator itu atau cuma menggunakan satu indicator saja dan terkadang pendapat masing2 trader bisa berbeda dalam melakukan analisa teknikal ini.


Inilah mengapa analisa teknikal ini saya sebut sangat complicated. Lalu manakah yang terbaik antara kedua analisa ini? Dari dulu sampai sekarang, masalah ini sering diperdebatkan. Para pendukung analisa fundamental (Warren Buffet termasuk yang menganut analisa Fundamental ini) mengklaim bahwa analisa fundamental lah yang terbaik. Sebaliknya para analisa teknikal atau biasa disebut chartist tetap mengatakan jika analisa teknikal lah yang terbaik. Daripada memperdebatkan kedua hal ini,bukan lah lebih baik jika kedua analisa ini digabungkan. Masing2 analisa ini memiliki keuanggulan dan kelemahannya masing masing. Sulit untuk kita dapat memilih dan mengatakan bahwa analisa yang satu lebih baik daripada yang satunya lagi. Nanti saya akan memperkenalkan sebuah tools yang sangat powerful yang dapat menggabungkan kedua analisa ini sekaligus sehingga para investor dan trader saham tidak perlu susah2 dan membuang waktu lagi dalam melakukan analisa saham. Cukup dengan menggunakan tools ini,maka akan sangat banyak membantu anda dalam melakukan investasi dan trading saham.



Nama Tools ini adalah APF Trading Expert Stock Screener. Apa itu stock screener? Stock screener adalah sebuah tools yang biasanya digunakan oleh para investor dan trader saham dalam memilih dan menganalisa saham. Seperti yang telah diuraikan di atas. Sebenarnya semua pekerjaan menganalisa bisa dilakukan secara manual,namun karena saham yang akan dianalisa sangat banyak,maka akan sangat menghemat waktu sekali apabila pekerjaan itu bisa dilakukan dengan bantuan stock screener. Selain Aplikasi Online Trading untuk melakukan ekseskusi jual beli dan melihat laporan keuangan emiten (analisa fundamental), serta aplikasi chart/grafik untuk analisa teknikal,tidak ada salahnya ditambah tools satu lagi yaitu Stock Screener.

expert stock screener

Expert Stock Screener ini dikembangkan oleh Asia Pac Finance Trading Pte.Ltd (APF Trading), sebuah perusahaan penasehat trading dan investasi yang berbasis di Singapura dan saat ini www.investasi-saham.com bekerjasama dengan pihak APF trading untuk memasarkan tools ini di Indonesia. Adapun penggunaan Expert Stock Screener ini tidak hanya bisa mensortir dan melakukan analisa terhadap saham saham di Bursa Efek Indonesia, namun juga bisa digunakan untuk menganalisa saham saham di Bursa Efek Asia lainnya seperti saham2 di Bursa Efek Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Hongkong dan India.

Mengapa Harus Expert Stock Screener ?


Banyak stock screener yang beredar di pasaran,baik yang berbayar maupun yang gratis. Stock screener yang gratis, tidak lah selengkap,seakurat dan sepowerful yang berbayar. Sedangkan yang berbayar selama ini, hanya menggunakan data2 teknikal sebagai variable acuan dan perhitungannya,dan tidak memperhitungkan data2 fundamental. Karena itu APF Trading Expert Stock Screener hadir dengan mengkombinasikan data dan informasi fundamental dan teknikal sekaligus ke dalam perhitungannya sehingga hasilnya lebih akurat dan lebih terpercaya. Dari segi Fundamental, Expert Stock Screener memberikan informasi mengenai potensi kenaikan dari beberapa saham yang direkomendasikan ioleh institusi institusi keuangan terkemuka dunia.

screenshot expert stock screener

Sedangkan dari segi Teknikal, Expert Stock Screener menggunakan algoritma khusus untuk menganalisa pergerakan grafik secara harian,mingguan serta bulanan berdasarkan Sistem Trading Ichimoku Jepang dan indicator unik lainnya. Apa keuntungan menggunakan Expert Stock Screener ini ?

1. Memberikan dukungan dan perlengkapan yang lengkap dalam melakukan analisa investasi saham/ekuitas

2. Memberikan peluang keuntungan yang maksimal dengan mensortir dan menyajikan saham yang memiliki potensi kenaikan yang paling besar

3. Menghemat waktu karena tidak perlu membaca dan mempelajari ribuan laporan dari para analis keuangan

4. Menambah pengetahuan yang lebih mendalam melalui analisa fundamental dan teknikal.

Berikut ini adalah contoh Tampilan Expert Stock Screener yang menampilkan Saham Saham lokal di Bursa Efek Indonesia.

stock screener indonesia

Expert Stock Screener ini berformat Microsoft Excel dan selama anda berlangganan, Stock Screener ini akan dikirimkan 3 kali dalam seminggu ke email anda. Anda dapat memilih untuk berlangganan Expert Stock Screener untuk Bursa Efek Indonesia atau Bursa Efek Negara Asia lainnya. Anda dapat memilih untuk berlangganan selama 6 bulan atau 12 bulan dengan harga yang sangat terjangkau.



Sumber : http://www.investasi-saham.com

Ntu dibawah masih anyar artikelnya:



0 comments:

Post a Comment

FxSignals

Polico

FXpros

FXstreet

GainS